Ciri-Ciri Remaja Di Era Digital (3)


Remaja di era digital mempunyai ciri lain yaitu gila kebebasan dan tak mau dikekang. Masa muda memang identik dengan saatnya mengeksplorasi diri. Mencoba sesuatu yang belum pernah dilakukan. Kalo bisa tidak perlu ada aturan. Tanpa ikatan.

Itu yang diinginkan remaja. Hidup bebas lepas, tanpa beban. Terbang seperti burung, mengalir seperti air atau berhembus seperti angin. Coba kita lihat saja sekeliling. Pelajar smp atau sma pengennya sih gak usah pake seragam makanya baju seragamnya sering dikeluarin dan celana panjangnya dibikin model pensil. Rambut cowoknya gak mau dipotong pendek rapi, maunya model korea yg lagi trend. Mereka merokok dimana saja padahal sekolah dan ortu sudah melarang.

Dari dulu sampai sekarang karakter remaja memang seperti itu. Cenderung memberontak terhadap tatanan yang sudah ada. Tapi di era informasi sekarang ini, kebebasan ini semakin menjadi-jadi. Internet adalah pintu masuk ke dunia tanpa batas. Tidak ada sekat. Remaja bebas mencari dan mendapatkan informasi yang diinginkan. Sesuatu yang tadinya dilarang dan susah ditemukan, kini dalam hitungan detik bisa terlihat di depan layar.

Meskipun akses internet di sekolah atau rumah dibatasi, para remaja ini tidak kenal menyerah. Mereka sering mengakses internet lewat hape, warnet, cafe atau di rumah temannya. Memang sulit dan tidak perlu melarang remaja mengakses internet. Pemahaman akan dampak negatif dari pornografi, kekerasan atau konten negatif lainnya yang perlu diberikan kepada remaja. Konten negatif yang sering dilihat akan mempengaruhi pikiran dan bisa dijadikan rujukan. Banyak kenakalan remaja yang diakibatkan meniru apa yang sudah mereka lihat di internet.

Menurut saya cara menghadapi remaja adalah seperti kita bermain layang-layang. Biarkan layang-layang itu terbang tinggi tertiup angin tapi masih terhubung dengan benang. Begitu juga dengan remaja, biarkan mereka mengeksplorasi diri dan berkreasi. Ada saatnya benang itu harus diulur atau ditarik agar layang-layang bisa terbang dengan tenang. Tidak terhantam angin kencang yang bisa memutuskan benang.

Bukan bebas tanpa batas tapi bebas yang bertanggung jawab…

Tinggalkan komentar